Sketchup merupakan program aplikasi membuat bentuk tiga dimensi. Tim arthandling atau perancang teknis pemasangan karya seringkali memanfaatkan program ini sebagai layout pameran seni rupa, dengan membentuk bangunan dasar tempat pameran secara bentuk tiga dimensi. Berfungsi mengatur letak keseluruhan karya, elemen, atribut maupun properti pendukung pameran.
Sebagai langkah awal membaca atau mengenal ruang pamer, seringkali menjadi gagasan para seniman atau pelaku seni di dalam berkarya. Sketchup juga digunakan kurator untuk menyesuiakan tema karya, ukuran, jarak, posisi dan medium pada karya. Mengatur dan menyatukan ruang dengan karya serta alur keluar masuk pengunjung atau penikmat. Di dalam dunia pendidikan, khususnya satuan pendidikan menengah atau sekolah. Pelaksanaan kegiatan pameran bersama di sekolah, melalui materi kompetensi dasar pameran. Siswa terpaku dengan karya dua dimensi dengan memakai kemasan bingkai atau frame. Pembacaan kegiatan pameran sering kali dengan adanya sketsel (papan berbentuk dinding untuk menaruh karya), sehingga gagasan berkarya sangat sempit.
Melalui pengenalan dan mempelajari program aplikasi sketchup, diharapkan siswa terbuka gagasannya di dalam membuat karya dan mengenal ruang di dalam merespon tempat pameran. Dengan memahami ruang dan tempat, diharapkan siswa dapat belajar dan berproses menciptakan karya dengan berbagai alternatif media dan medium seni rupa. Seperti halnya seni instalasi, street art (mural dan graffiti). Menciptakan karya yang dapat membuat kesatuan ruang dan tempat pelaksanaan pameran.
Wahyudi Wacil
Remedial.id