Sulaiman Said adalah kuncen dibalik brand Kamengski. Said kerap mengkawinkan brand-brand terkenal menjadi sesuatu yang fun dan nyeleneh. Gak takut digugat, justru bagi Said itu menjadi tribute dan semacam penghormatan. Dalam perjalanannya Kamengski pernah booming dengan desain mangkok ayam dipelbagai produknya. Dibalik desainnya Kamengski kerap memparodikan budaya populer menjadi segar dan jenaka.
Ngomong-ngomong, jelasin dong kapan dan mengapa Kamengski dibikin?
Kamengski mulai ada itu sekitar November 2008. Kenapa??? Karena agar keluar dari kemiskinannnn. Kita tak suka hidup miskin, kita mau kayaaaaa!!! hahahaha.. nggga nggaa… Jadi kamengski itu ada beberapa faktor kenapa dibikin, pertama dibuat sebagai wadah untuk menyalurkan kreativitas kita, unek unek, kegelisahan, keinginan, hasrat, yang ngga bisa ditampung di tempat lain, khususnya korporat yang mapan dan sustain, yang udah punya pola pola baku yang udah mereka jalanin sejak lama ataupun memang jadi landasan aktivitas mereka. Kedua, karena saat itu gua masih mahasiswa, mahasiswa desain ya, dan ngerasa ngga puas dengan desain-desain yang ada saat itu, di sektor clothing ya khususnya, jadi gua putuskan yaudah, gua buat sendiri aja, yang sesuai dengan keinginan gua, dengan harapan semoga gua lebih puas untuk menggunakan sesuatu yang emang gua sendiri juga suka. Jadi kan enak ya, bisa bikin sendiri sesuatu yang kita butuh.
Kamengski aktif di medsos, Mengapa memilih media sosial ?
Aktif ya ? Iya sih lumayan kalo instagram, pertanyaannya bukan kenapa memilih media sosial, itu mah kita kaya ngga bisa milih, udah ngga bisa dihindari penggunaanya.
Kira-kira apa sih karya pertama Kamengski? (Kalo inget ya)
Ya gambar, 2 dimensi. Semua dimulai dari ide, gagasan, terus lanjut di sketsa.
Kamengski sering bermain plesetan dan humor, mengapa memilih plesetan dan humor yang nyeleneh dalam berkarya?
Karena menyenangkan, ya kayanya emang itu yang gua bisa, gua pernah nyoba buat serius, tapi sepertinya ngga berhasil, hahaha. Karena semua orang bikin sesuatu yang serius, gua jadi kaya semakin sulit mengikuti permainan, makanya gua lebih milih metode berkarya yang ringan dan berusaha menghibur. Mudah-mudahan berhasil.. hahaha
Dari mana dapet kata-kata plesetan nyeleneh dalam berkarya ?
itu mah dateng sendiri, hahaha.. Ya dari mana mana, dari tongkrongan, pengamatan.
Apa ada kaitannya dengan anak muda tongkrongan yang demen dengan yang berbau kata-kata nyeleneh?
Ya iya, bisa juga.
Kamengski sering ikut bazar-bazar atau pameran produk, Menurut lu kapan dan di mana Kamengski ikutan bazar yang paling mantep selama ini?
Yang paling mantep sejauh ini masih dipegang jakcloth sih, kalo mau lebaran tu pasti rame.
Produk-produk Kamengski sering plesetin brand-brand ternama, apa gak digugat tuh?
Engga sih, karena kan sifatnya ini tribute ya, atau penghormatan. Jadi kalo udah direspon sama kamengski ya berarti sesuatu itu populer. Di era 90 an dulu juga ada Dagadu yang di jogja itu tu, polanya mirip, memparodikan budaya populer, dan kamengski juga kan membentuk makna baru. Jadi kaya menggabungkan dua hal berbeda menjadi sesuatu makna baru.
Kapan dan mengapa Kamengski harus buka toko offline ?
Udah kan tuh ada di ruang depan kantor bisa buat toko offline.
Apakah dengan toko online seperti di Tokped juga dapat menjangkau konsumen produk Kamengski?
iya bisa, walaupun ngga semua, tapi platform e commerce atau marketplace kaya tokopedia kan penggunanya udah banyak juga.
Menurut penerawangan lu, apakah pelajar-pelajar/anak sekolahan demen juga sama produk Kamengski?
iya… Mudah mudahan iya, karena apa yang dilakukan Kamengski, populer di kalangan pelajar.
Jadi ada tuh pelajar yang membeli produk secara lengkap Kamengski dari atas sampe bawah ?
Ada, ada beberapa yang kaya gitu.
Kasih bocoran dong tips dan trik bagi pelajar yang pengen bikin remerchandis kayak Kamengski ?
Ya mencipta aja, riset dulu, eksperimen dulu, riset lagi, eksperimen lagi, nanti juga ketemu formulanya yang paling tepat untuk lu gunakan sesuai dengan kemauan atau kebutuhan lu.
TERIMA KASIH BANYAK.. Muaach